Tourette Syndrome

Hasil gambar untuk tourette syndrome adalah


Sindrom Tourette atau Tourette Syndrome (TS) merupakan suatu gangguan sistem saraf yang menyebabkan gerakan berulang atau suara yang tidak diinginkan.



Di Indonesia penyakit ini kasusnya sudah mencapai 150 lebih per tahunnya. Penyakit ini juga merupakan salah satu penyakit kronis yang dapat bertahan sepanjang hidup si penderita TS. Biasanya penyakit ini cenderung lebih banyak menyerang pria daripada wanita. Sedangkan rentang usia terdiagnosis penyakit ini adalah sekitar usia 6 tahun (anak-anak), 14 tahun (remaja), hingga dewasa dengan usia di atas 40 tahun.

Tora Sudiro, salah satu pekerja seni di Indonesia yang terkenal dari comedy series yang berjudul “Extravaganza”, merupakan salah satu dari banyak penderita TS di Indonesia. Kasus yang dialami Tora adalah menggerakan kepala dan mengibaskan tangan secara tidak sadar dan biasanya terjadi saat ia sedang cemas. Dari penderitaan yang ia alami karena TS, ia sampai pernah masuk di balik jeruji besi akibat pengonsumsian jenis psikotropia bernama Dumolid. Ia mengaku saat mengonsumsi itu, tidurnya menjadi lebih tenang. Walaupun untuk alasan medis, pengonsumsian Dumolid ini tetap dilarang karena tidak adanya anjuran dari dokter yang bersangkutan. Akhirnya Tora sempat mendekam di bui selama kurang lebih 2 tahun setelah terciduk menggunakannya sebanyak 30 butir, di kediamannya pada April 2017 lalu, saat bersama sang istri, Mieke Amalia.

Komentar