Tidak Menikah


Hasil gambar untuk marriage

Tidak menikah? Pernahkah kamu bertemu atau bahkan memang bertahan dengan prinsip tidak ingin menikah seumur hidup. Karena memang konsep pernikahan itu bukan pilihan hidup. Berbeda dengan yang belum mau menikah.

Selalu ada alasan dari semua keputusan seperti tidak ingin menikah, tidak ingin melanjutkan studi, tidak ingin punya anak, dan berbagai keputusan lainnya yang dianggap masih tabu di dalam masyarakat Indonesia.

Soal keputusan tidak ingin menikah ini ada yang disebabkan karena dihantui oleh kegagalan di masa lalu yang mereka alami sendiri atau mereka lihat dari orang terdekatnya. Beberapa memang memilih untuk tidak menyakiti diri sendiri dan orang lain. Beberapa juga masih memilih untuk mengabdikan diri kepada orang tua, sepanjang usia. Prinsip itu bukan hal yang terbentuk satu dua hari. Itu pemikiran panjang dari rangkaian cerita di masa lalu.

Selalu ada alasan dari setiap keputusan. Semoga semua kemarahan dan ketakutan dapat segera tersembuhkan. Semoga yang gelisah segera tenang, yang mencari segera bertemu. Karena, seperti kutipan lirik lagu Banda Neira, yang patah akan tumbuh dan yang hilang akan terganti. Semoga, semogamu tidak hanya sekadar berakhir sebagai semoga.

Komentar