Rapper Indonesia

Hasil gambar untuk dipha barus decide

Rap adalah salah satu dari empat elemen budaya Hip-hop. Rap merupakan teknik vokal yang berkata-kata dengan cepat, sementara pelakunya disebut rapper. Biasanya, rap diiringi oleh DJ atau oleh sebuah band.

Di Indonesia banyak rapper, beberapa di antaranya ada Iwa K, Saykoji, hingga yang digandrungi di dunia underground, seperti Ariel Nayaka, Ramengvrl, Matter Mos bahkan yang sampai melejit ke luar negeri dan dinaungi oleh agensi sekelas 88 Rising, Rich Brian.

Fenomena “rapper kaget” sedang marak terjadi di antara penggiat musik Hip-hop, salah satunya adalah yang awalnya terkenal berkat kanalnya YouTube-nya sehingga memanfaatkan aji mumpun untuk memulai karir bermusik dan memilih mengeluarkan lagu.

Dikutip dari wawancara oleh crew Froyonion dengan rapper Ramengvrl, dia tidak mempermasalahkan banyaknya YouTuber yang mengambil aji mumpung berkat nama yang besar akibat video-video dari kanal YouTube-nya untuk menjadi seorang rapper dan mengeluarkan single. Fenomena rapper kaget di YouTube, tutur wanita bernama asli Putri ini sah-sah saja, asal tidak nyampah dan hanya untuk gain viewers. Tapi dari komunitas Hip-hop yang diikuti Ramengvrl ini mengaku tidak memberi respect lebih terhadap para rapper kaget, karena sudah pasti keabsahan karya mereka kurang dari segi originalitasnya. “Emang lo liat ya rapper-rapper kaget ini perform di acara Hip-hop yang legit gitu? Setau gue sih engga ya.”, begitu jawaban Ramengvrl saat ditanya soal pendapatnya tentang rapper kaget.


Memang bebas saja berkarya dengan jenis dan bidang apapun yang kamu sukai. Tetapi di dalam dunia rap Indonesia yang sudah mulai digandrungi lagi, terdapat banyak kemajuan yang terjadi. Juga, karya-karya yang semakin berkualitas pun lahir. Kalian bisa tonton salah satu lagu garapan DJ papan atas, Dhipa Barus yang bekerja sama dengan beberapa rapper seperti Ramengvrl, Ariel Nayaka, dan juga Matter Mos. Berjudul “Decide”, berikut adalah link untuk video klipnya https://www.youtube.com/watch?v=A0ygzVAy88Y. Mari lebih majukan dunia rap di Indonesia, dengan cara mendengarkan dan support kegiatan mereka.


Komentar